Senin, 19 Maret 2012

Teknik Lingkungan Indonesia

Selamat Siang,,
Bagaimana kabar hari ini?

Di blog "Go Green" ini, saya banyak menceritakan, menjelaskan dan memaparkan semua hal mengenai lingkungan. Nah, hal itu saya lakukan bukan karena saya peramal atau apa, tapi hal itu saya lakukan karena itulah pekerjaan saya. Saya seorang mahasiswi di fakukltas Teknik Lingkungan, sehingga dengan sharing mengenai lingkungan di blog ini membuat saya mendapat banyak inspirasi mengenai mata kuliah yang sedang saya tekuni.

Oke, pasti kalian bertanya-tanya, memangnya ada berapa Universitas baik Negeri dan Swatsa yang mempunyai fakultas Teknik Lingkungan? Dan bagaimana terbentuknya jurusan Teknik Lingkungan ini?

Mari, kita telaah bersama,,

Jurusan Teknik Lingkungan di Indonesia pertama kali muncul pada tahun 1983. Adalah Ir. KRT Tjokrokusumo (Alm.) yang berinisiatif untuk mendirikan perguruan Teknik Lingkungan pertama kali di Indonesia pada tanggal 5 Juni 1983 melalui Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan.

Teknik Lingkungan sebenarnya relatif baru di bidang keprofesian, namun dengan sejarah terbentuknya yang cukup panjang. Gelar, atau titel "Insinyur Lingkungan" atau "Sarjana Teknik Lingkungan" sebenarnya tidak pernah ada hingga tahun 1960 di US, ketika saat itu beberapa program akademik di bidang teknik (engineering) dan kesehatan masyarakat (public health) mencoba untuk berekspansi ruang lingkup studi mereka, dengan tujuan mendapatkan titel yang lebih spesifik menyesuaikan dengan program studi, pelajaran dan material yang ada. Diharapkan perbedaan antara Insinyur Lingkungan (Environmental Engineer) dengan Insinyur Kesehatan Masyarakat (Public Health Expert) serta dengan cabang teknik lain dapat menjadi jelas. 

Jurusan Teknik Lingkungan sendiri sebelum tahun 1982 bernama Teknik Penyehatan Masyarakat. Akan tetapi karena perbedaan yang jelas arah tujuan dua program studi ini serta terkait dengan sumber daya manusia, maka jalurnya diarahkan ke program studi Teknik Lingkungan, selain juga karena faktor adanya Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Di Indoensia sendiri, terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang mempunyai program studi Teknik Lingkungan, salah satunya adalah Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.
Sedangkan untuk Perguruan Tinggi Swasta ada beberapa di Indonesia, salah satunya adalah Universitas Islam Indonesia dan Universitas Trisakti.

Dan untuk saya sendiri,, saya berkuliah di kampus pertama yang mempunyai program studi Teknik Lingkungan,,
Yups bener sekali,, saya adalah mahasiswi Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan "YLH" Yogyakarta.


1 komentar:

  1. apa bedanya teknik lingkungan sama kesehatan masyarakat ?
    thx

    BalasHapus

Thanks for ur comment :)